Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK Teknis 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Table of Contents

Contoh soal tes kompetensi PPPK Teknis 2023 Terbaru - Berikut ini mimin kembali akan berbagi contoh soal tes PPPK Teknis 2023 yang dapat sobat jadikan sebagai bahan belajar sebelum mengikuti tes kompetensi yang berlangsung.

Contoh soal tes kompetensi PPPK Teknis tahun 2023 terbaru lengkap dengan jawaban

Seperti yang diketahui bahwa PPPK Teknis 2023 selalu jadi perbincangan dan terus akan dibuka pemerintah untuk merekrut pegawai-pegawai pemerintah yang handal dibidangnya masing-masing.

Salah satu tahapan untuk bisa lolos sebagai pegawai pemerintah atau PPPK maka sobat harus melalui tahapan yang dikenal dengan uji kompetensi atau ujian atau tes.

Tak perlu lama-lama inilah kumpulan contoh soal tes kompetensi PPPK Teknis tahun 2023 yang berhasil mimin rangkum untuk sobat sekalian:

1. Teori yang menyatakan bahwa peserta didik selama kegiatan belajar lebih ditekankan untuk aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri merupakan aliran dari teori?

A. Kontruktivisme

B. Behavioristik

C. Humanistik

D. Sibernetik

E. Kognitivistik

Jawaban: A. Kontruktivisme

2. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari?

A. Konseptualisasi

B. Conditioning

C. Trial and error

D. Stimulus respon

E. Shaping

Jawaban: C. Trial and error

3. Peserta didik diminta untuk membuat dugaaan pada populasi hewan langka yang semakin sedikit hal ini termasuk kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan?

A. Visual spasial

B. Verbal linguistic

C. Naturalis

D. Logis matematis

E. Kinestetis

Jawaban: D. Logis matematis

4. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional- klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu?

A. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab

B. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket

C. Menggunakan program audio dan modul

D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan

E. Menggunakan modul dan powerpoint

Jawab: D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan

5. Kegiatan pembelajaran yang diawali dengan pemberian rangsangan, mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik kesimpulan, sesuai dengan model pembelajaran?

A. Problem based learning

B. Inquiry learning 

C. Discovery learning

D. Integrated learning

E. Project based learning

Jawab: C. Discovery learning

6. Contoh penerapan teori behaviorisme yang dilakukan oleh guru saat ini dalam media digital dalam praktik pembelajaran adalah?

A. Internet dan Powerpoint

B. Internet dan media Zoom

C. Powerpoint dan Microsoft Word

D. Google dan Youtube

E. Powerpoint dan multimedia

Jawab: E. Powerpoint dan multimedia

7. Guru mempelajari latar belakang masalah, seluk beluk dan permasalahan peserta didiknya, ketika kemudian guru memberikan informasi atau pengetahuan yang memadai peserta didiknya, maka hal ini merupakan tahapan kreativitas dalam?

A Iluminasi

B. Verifikasi

C. Inkubasi

D. Persiapan meletakkan dasar

E. Produksi

Jawab: D. Persiapan meletakkan dasar

8. Belajar merupakan usaha pemberian makna oleh peserta didik kepada pengalamannya melalui asimilasi dan akomodasi yang menuju pada pembantukan struktur kognitifnya, memungkinkan mengarah kepada tujuan tersebut. Merupakan teori belajar?

A. Konstruktivisme

B. Humanisme

C. Behaviorisme

D. Sibernetik

E. Kognitivisme

Jawaban: A. Konstruktivisme

9. Apabila peserta didik belum siap untuk melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi. maka strategi yang dilakukan guru adalah?

A. Mengidentifikasi peserta didik baik yang sudah siap maupun yang belum siap untuk mengikuti pembelajaran dengan proses berpikir tingkat tinggi

B. Tetap melakukan kegiatan pembelajaran dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan meminta peserta didik untuk fokus

C. Membentuk kelompok peserta didik dengan kemampuan yang heterogen dalam proses pembelajaran

D. Mengubah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan peserta didik yang heterogen

E. Membangun terlebih dahulu jembatan penghubung antara proses berpikir tingkat rendah menuju berpikir tingkat tinggi

Jawaban: E. Membangun terlebih dahulu jembatan penghubung antara proses berpikir tingkat rendah menuju berpikir tingkat tinggi

10. Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik, satu di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif adalah..

A Strategi pembelajaran yang mengintegrasikan metode, bahan ajar dan media pembelajaran secara sistematis

B. Strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis di mana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil

C. Strategi pembelajaran yang menyajikan situasi permasalahan kepada siswa dan dapat berfungsi sebagai batu loncatan dalam penyelidikan

D. Strategi pembelajaran individual yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerja masing-masing

E. Strategi pembelajaran yang melibatkan perilaku koreksi diri

Jawaban: B. Strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis di mana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil

Post a Comment