20 Contoh Soal Pilihan Ganda Matematika Kelas 10 Lengkap dengan Jawabannya
Berikut ini 20 contoh soal pilihan ganda mata pelajaran Matematika untuk kelas 10 SMA sederajat yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.
Contoh soal di dibawah adalah 20 soal pilihan ganda matematika yang meliputi berbagai topik seperti aljabar, geometri, limit, dan trigonometri yang sesuai dengan kurikulum kelas 10.
Setiap soal memiliki empat pilihan jawaban, di mana hanya satu jawaban yang benar. Soal-soal tersebut menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika, menghitung dengan tepat, menerapkan rumus dan teknik, serta menyelesaikan masalah matematika dengan benar.
Setiap soal dilengkapi dengan jawaban yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengoreksi jawaban siswa.
Berikut adalah contoh soal matematika pilihan ganda untuk kelas 10 beserta jawabannya:
1. Pada diagram di bawah ini, mana yang merupakan himpunan B?
A. {4, 5, 6}
B. {1, 2, 3}
C. {2, 4, 6}
D. {1, 3, 5}
Jawaban: C
2. Jika f(x) = 3x + 1 dan g(x) = 2x - 5, maka berapakah nilai (fog)(2)?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Jawaban: B
3. Luas permukaan sebuah bola dengan jari-jari 6 cm adalah...
A. 144Ï€ cm²
B. 216Ï€ cm²
C. 288Ï€ cm²
D. 432Ï€ cm²
Jawaban: B
4. Diketahui bahwa log 5 = 0,69897 dan log 7 = 0,84510. Nilai log 35 adalah...
A. 1,15007
B. 1,54510
C. 1,54407
D. 2,54407
Jawaban: C
5. Diketahui ABC adalah segitiga dengan panjang sisi AB = 5 cm, BC = 12 cm, dan AC = 13 cm. Sudut A adalah...
A. 22,6°
B. 45°
C. 67,4°
D. 90°
Jawaban: D
6. Diketahui fungsi f(x) = 3x + 4 dan g(x) = x² - 2. Maka nilai f(g(2)) adalah...
A. 14
B. 16
C. 18
D. 20
Jawaban: D
7. Diketahui persamaan garis y = -2x + 5. Sudut yang terbentuk antara garis ini dengan sumbu x adalah...
A. 22,6°
B. 45°
C. 67,4°
D. 90°
Jawaban: B
8. Diketahui (2x + 3)² = 121. Maka nilai dari x adalah...
A. -4 atau 1
B. -7 atau 4
C. -10 atau 7
D. -13 atau 10
Jawaban: A
9. Diketahui ABCD adalah trapesium dengan AB || CD, AB = 4 cm, CD = 6 cm, dan tinggi trapesium h = 3 cm. Luas trapesium ABCD adalah...
A. 13 cm²
B. 15 cm²
C. 18 cm²
D. 20 cm²
Jawaban: C
10. Diketahui jika A dan B adalah himpunan bilangan genap dan C adalah himpunan bilangan ganjil, maka A ∩ C adalah...
A. {0}
B. {1, 3, 5, ...}
C. {2, 4, 6, ...}
D. {2n | n ∈
11. Diketahui persamaan lingkaran (x - 3)² + (y - 4)² = 25. Pusat dan jari-jari lingkaran adalah...
A. (3, 4) dan 5
B. (-3, -4) dan 5
C. (3, 4) dan √25
D. (-3, -4) dan √25
Jawaban: A
12. Diketahui dua bilangan bulat positif a dan b sedemikian rupa sehingga 4a - 3b = 7. Jika salah satu nilai a atau b adalah 5, maka nilai dari a + b adalah...
A. 8
B. 9
C. 10
D. 11
Jawaban: C
13. Diketahui lim x → 1 (x - 1) / (x³ - 1). Maka nilai dari limit tersebut adalah...
A. 1/3
B. 1/2
C. 1
D. Tidak ada
Jawaban: B
14. Diketahui grafik fungsi f(x) = x² - 4x + 3. Jika diketahui titik potong antara grafik f(x) dan sumbu x adalah (1,0) dan (3,0), maka titik stasioner dari fungsi f(x) adalah...
A. (1,-2)
B. (2,-1)
C. (2,1)
D. (3,2)
Jawaban: C
15. Diketahui barisan bilangan a₁, a₂, a₃, ... dengan a₁ = 2 dan aâ‚™ = 2aâ‚™₋₁ - 1 untuk n > 1. Jika n = 4, maka nilai a₄ adalah...
A. 3
B. 5
C. 7
D. 9
Jawaban: D
16. Jika p(x) = x³ + ax² + bx + 30 dan q(x) = x³ - 6x² + 5x - 6, maka nilai dari p(2) - q(2) adalah...
A. 10
B. 12
C. 14
D. 16
Jawaban: C
17. Diketahui sebuah kubus dengan luas permukaan 96 cm². Maka panjang sisi kubus tersebut adalah...
A. 3 cm
B. 4 cm
C. 5 cm
D. 6 cm
Jawaban: B
18. Sebuah perahu melaju menyusuri sungai yang arusnya berkecepatan 4 km/jam. Jika perahu melaju sejajar dengan arus, maka kecepatan perahu adalah 20 km/jam. Jika perahu melaju berlawanan arah dengan arus, maka kecepatan perahu adalah...
A. 16 km/jam
B. 18 km/jam
C. 22 km/jam
D. 24 km/jam
Jawaban: D
19. Diketahui segitiga ABC dengan panjang sisi AB = 6 cm, BC = 8 cm, dan CA = 10 cm. Maka besar sudut A dan sudut C berturut-turut adalah...
A. 36° dan 54°
B. 54° dan 36°
C. 48° dan 42°
D. 42° dan 48°
Jawaban: B
20. Diketahui vektor a = 2i + j + 3k dan vektor b = 4i - j + k. Maka hasil dari a x b adalah...
A. -3i + 11j - 6k
B. -3i - 11j - 6k
C. 3
D. -3i
E. -11j
Jawaban : B
Post a Comment