10 Contoh Soal Manajerial Tes PPPK Guru 2024 lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

Table of Contents

10 Contoh Soal Manajerial Tes PPPK Guru 2024 lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan


Contoh soal manajerial seleksi PPPK guru beserta dengan jawaban dan pembahasannya -
Hallo sobat pendidikan dimanapun berada. Senang sekali bisa menulis kembali untuk berbagi kepada kalian semua para pembaca setia blog Sobat Operator.

Kali ini mimin akan membagikan 10 contoh soal tes PPPK guru untuk tipe soal Manajerial dimana dalam contoh soal ini akan dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya.

10 Contoh Soal Manajerial PPPK Guru terbaru

1. Sebagai seorang kepala sekolah, Anda mendapat keluhan dari beberapa guru yang merasa beban kerja mereka terlalu berat. Bagaimana langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mengatasi masalah ini?

a. Menambah jam kerja guru

b. Melakukan evaluasi terhadap tugas tambahan yang diberikan

c. Mengabaikan keluhan guru

d. Memberikan sanksi kepada guru yang mengeluh

Jawaban: b. Melakukan evaluasi terhadap tugas tambahan yang diberikan

Pembahasan:

Pilihan b adalah langkah yang lebih konstruktif dalam mengatasi masalah beban kerja berlebih. Dengan melakukan evaluasi terhadap tugas tambahan, kepala sekolah dapat menentukan apakah tugas tersebut benar-benar diperlukan atau dapat dikurangi.

2. Sebagai koordinator program unggulan di sekolah, bagaimana Anda memastikan program tersebut berjalan dengan efektif?

a. Menetapkan target yang tidak realistis

b. Melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala

c. Mengabaikan evaluasi program

d. Membebankan seluruh tanggung jawab pada guru program

Jawaban: b. Melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala

Pembahasan:

Pilihan b adalah langkah yang tepat untuk memastikan keberhasilan program. Melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala membantu mengidentifikasi kendala atau perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas program.

3. Bagaimana Anda mengelola konflik antara dua guru di sekolah Anda?

a. Menyuruh mereka untuk menyelesaikan konflik sendiri

b. Mengabaikan konflik tersebut

c. Mengadakan mediasi dan membantu menemukan solusi bersama

d. Memecat salah satu guru yang terlibat konflik

Jawaban: c. Mengadakan mediasi dan membantu menemukan solusi bersama

Pembahasan:

Pilihan c adalah pendekatan yang lebih konstruktif. Mengadakan mediasi membantu menyelesaikan konflik dengan cara yang adil dan melibatkan kedua pihak dalam menemukan solusi bersama.

4. Sebagai kepala sekolah, Anda ingin meningkatkan motivasi guru di sekolah. Apa langkah yang akan Anda ambil?

a. Memberikan sanksi kepada guru yang kurang termotivasi

b. Menyelenggarakan pelatihan motivasi

c. Meningkatkan gaji guru

d. Menugaskan guru untuk tugas tambahan

Jawaban: b. Menyelenggarakan pelatihan motivasi

Pembahasan:

Pilihan b merupakan langkah yang lebih positif. Pelatihan motivasi dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan memberikan strategi untuk meningkatkannya.

5. Sebagai kepala sekolah, Anda melihat adanya penurunan kinerja beberapa guru dalam aspek penggunaan teknologi dalam pengajaran. Bagaimana Anda akan mengatasi permasalahan ini?

a. Memberikan sanksi kepada guru yang tidak menggunakan teknologi

b. Mengadakan pelatihan penggunaan teknologi untuk guru

c. Meniadakan penggunaan teknologi dalam pengajaran

d. Meminta bantuan dari guru-guru yang lebih mahir dalam teknologi

Jawaban: b. Mengadakan pelatihan penggunaan teknologi untuk guru

Pembahasan:

Pilihan b adalah pendekatan yang lebih positif dan mendukung pengembangan profesional guru. Memberikan pelatihan akan membantu guru meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi dalam proses pengajaran.

6. Sebagai koordinator kurikulum, bagaimana Anda merencanakan evaluasi dan pembaruan kurikulum di sekolah?

a. Melakukan evaluasi setiap 5 tahun sekali

b. Menugaskan seluruh tanggung jawab kepada guru mata pelajaran

c. Melibatkan semua stakeholder dalam evaluasi dan pembaruan

d. Mengabaikan evaluasi kurikulum

Jawaban: c. Melibatkan semua stakeholder dalam evaluasi dan pembaruan

Pembahasan:

Pilihan c adalah pendekatan yang partisipatif dan melibatkan semua pihak terkait, seperti guru, siswa, orang tua, dan pihak sekolah lainnya. Ini dapat memastikan bahwa evaluasi dan pembaruan kurikulum mencerminkan kebutuhan dan harapan seluruh komunitas sekolah.

7. Sebagai kepala sekolah, Anda mendapatkan anggaran sekolah yang terbatas. Bagaimana Anda akan mengelola anggaran tersebut agar dapat memberikan dampak maksimal pada kualitas pendidikan?

a. Mengalokasikan anggaran secara merata ke seluruh bagian sekolah

b. Memberikan prioritas pada pengadaan buku dan materi ajar

c. Menggunakan anggaran untuk keperluan pribadi

d. Menahan penggunaan anggaran untuk proyek tertentu

Jawaban: b. Memberikan prioritas pada pengadaan buku dan materi ajar

Pembahasan:

Pilihan b adalah langkah yang memfokuskan anggaran pada hal-hal yang langsung berdampak pada kualitas pendidikan. Pengadaan buku dan materi ajar merupakan investasi yang penting untuk mendukung pembelajaran di sekolah.

8. Sebagai kepala sekolah, Anda mendapatkan umpan balik dari orang tua murid bahwa komunikasi antara sekolah dan orang tua kurang efektif. Bagaimana Anda akan meningkatkan komunikasi ini?

a. Menetapkan aturan ketat terkait komunikasi

b. Membentuk kelompok komunikasi khusus untuk orang tua

c. Mengabaikan umpan balik tersebut

d. Menyuruh guru-guru untuk mengambil tanggung jawab komunikasi

Jawaban: b. Membentuk kelompok komunikasi khusus untuk orang tua

Pembahasan:

Pilihan b adalah langkah yang proaktif dan melibatkan orang tua secara langsung. Dengan membentuk kelompok komunikasi, sekolah dapat mendengarkan masukan orang tua dan meningkatkan cara komunikasi agar lebih efektif.

9. Sebagai kepala sekolah, Anda ingin mengembangkan budaya kerja yang kolaboratif di antara staf. Apa langkah pertama yang akan Anda ambil?

a. Menegakkan aturan ketat terkait kerja sama

b. Mengadakan pertemuan staf reguler untuk berbagi ide

c. Mengabaikan upaya untuk mengembangkan budaya kerja

d. Menugaskan satu orang sebagai pemimpin yang dominan

Jawaban: b. Mengadakan pertemuan staf reguler untuk berbagi ide

Pembahasan:

Pilihan b adalah langkah yang membangun budaya kerja yang kolaboratif. Pertemuan staf reguler membuka kesempatan bagi staf untuk berbagi ide, pengalaman, dan berkolaborasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif.

10. Sebagai kepala sekolah, Anda mendapati beberapa siswa mengalami kesulitan belajar. Bagaimana Anda akan mengidentifikasi dan menangani masalah ini?

a. Mengabaikan masalah tersebut

b. Mengadakan pertemuan dengan guru dan orang tua untuk diskusi

c. Memberikan sanksi kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar

d. Meniadakan layanan bimbingan dan konseling

Jawaban: b. Mengadakan pertemuan dengan guru dan orang tua untuk diskusi

Pembahasan:

Pilihan b adalah pendekatan yang melibatkan kolaborasi antara guru dan orang tua untuk mencari solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Diskusi bersama dapat membantu identifikasi masalah dan merencanakan tindakan perbaikan.(fy)


Post a Comment